Webinar Literasi Digital Kabupaten Mukomuko Beri Pencerahan Tentang Hidup Produktif Di Era Digital

 

Webinar Literasi Digital Kab.Mukomuko
Beri Pencerahan tentang hidup produktif di era digital

Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kab.mukomuko Mulai bergulir. Pada Senin, 09-08-2021 pukul 14.00 , telah dilangsungkan Webinar bertajuk Hidup Produktig Di Era Digital

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital. “Hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik,” katanya lewat diskusi virtual. Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Pada webinar yang menyasar target segmen Hidup Produktif Di Era Digital dan sukses dihadiri 90 orang peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para Narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Masrizal, ST, Ida Nyoman Heru, ST, Triska Rahmatul Aini, Medi Hartono, M.Pd. Pegiat media social yang juga owner @gaiabiai, @, Bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya. Hadir pula memberikan sambutannya secara daring, bupati/gubernur……… beliau berpesan, “…….”

Pada Sesi pertama Masrizal, ST menjelaskan Tentang perlindungan hak cipta dalam berkarya di ruang digital

Giliran pembicara kedua, Ida Nyoman Heru, ST mengatakan Bahwa percakapan di ruang digital itu ada dua yaitu melalu teks maupun audio atau gabungan dari keduanya

Tampil sebagai pembicara ketiga, Triska Rahmatul Aini juga menjelaskan pemanfaatan Tren media sosial akan Menjadi sangat berguna apabila disesuaikan dengan passion masing-masing.
Pembicara keempat, Medi Hartono, M.Pd menegaskan Pemanfaatan teknologi digital yang tidak pada tempatnya justru dapat menurunkan tingkat produktivitas

@queenpopi Sebagai key opinion leader dalam webinar kali ini, menuturkan bahwa bermedia sekarang ini sangat membantu kesuksesan kita terlepas dari baik/buruk nya media social tergantung kepada pribadi masing-masing.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Rahmad seorang guru, menanyakan bagagimana cara untuk terbebas dari pelanggaran hak cipta dalam berkarya di ruang digital? dan dijawab oleh Masrizal, ST

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian 12 kali webinar yang diselenggarakan di kabupaten Mukomuko Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!