Peduli Pelajar, DRP Jadikan Nagari Sebagai Pilot Project Digital 2021

Dedi Rahmanto Putra, S.IP (DRP) yang biasa disapa Dedet. (Foto:red/sinarmukomuko.com, permatamilau.com)

SINARMUKOMUKO.COM – Sosok figur kandidat bakal calon Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Dedi Rahmanto Putra, S.IP ternyata tidak main-main dalam usaha niat untuk memajukan daerah, khususnya dalam rangka ikut serta memajukan dunia pendidikan. Kali gebrakan baru yang dilakukan DRP singkatan nama dengan sapaan akrabnya Dedet, yang maju berpasangan dengan Arfianof Rajab. Menunjukkan keseriusan rasa peduli terhadap para pelajar dari seluruh jenjang disetiap masing-masing nagari se-Kabupaten Pesisir Selatan.

“Jika tidak ada aral melintang, di Tahun 2021 kita akan memberikan kemudahan bagi para pelajar dalam rangka membantu pelajar agar semakin cepat dalam mengakses dunia digital yang tidak terlepas dari smartphone (hanpdhone) dan jaringan internet wifi,” kata Dedi Rahmanto Putra.

Lanjutnya ia menjelaskan, bahwa terkait rencana tersebut yang memasang hotspot wifi gratis di nagari-nagari se-Kabupaten Pesisir Selatan. Tentu tidak terlepas dari cita-cita dan program pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab yang akan menjadikan kembali Kabupaten Pesisir Selatan sebagai pusat pendidikan terkemuka di Sumatera Barat. Oleh sebab itu dengan kerendahan hatinya, DRP juga menyampaikan bahwa untuk suksesnya program pemasangan hotspot wifi gratis di nagari-nagari se Kabupaten Pesisir Selatan yang bertujuan untuk mewujudkan nagari digital tersebut. Tentu tidak terlepas dari dukungan dari seluruh masyarakat, khususnya para pelajat di seluruh Kabupaten Pesisir Selatan.

“Artinya, tanpa dukungan masyarakat, program ini tak akan berjalan dengan baik,” jelasnya.

Dedi Rahmato Putra juga mengungkapkan, terkait mekanisme dalam pelaksanannya akan dilakuakn secara bertahap. Nagari mana yang nantinya menyatakan sudah siap dengan salah satu faktor pendukung sudah memiliki jaringan telepon atau internet. Jika sudah ada, maka akan langsung dilakukan pemasangan dan untuk mengatasi terkait nagari yang belum memiliki jaringan interntet, akan dilanjutkan menjadi program prioritas pembangunan daerah. Adapun harapannya terkait pilot project tahun 2021 tersebut. Diakui Dedi Rahmanto Putra manfaatnya, jika dipasang disekitar kantor wali nagari, masyarakat akan makin mudah berhubungan dengan layanan publik di nagari. Pelajar juga akan semakin dekat dengan pemerintahnya. Jika dipasang di sekitar komplek masjid nagari, juga akan memberikan dampak positif. Pelajar akan rajin shalat lima waktu, minimal zuhur, ashar, magrib dan isya di masjid nagari sembari memanfaatkan akses internet gratis,” ujar calon pemimpin yang program unggulan untuk Gerakan Perubahan itu. Sedangkan untuk isi konten yang bisa dibuka. DRP menegaskan pihaknya akam berkoordinasi ke pihak provider Telkom untuk memberikan layanan internet bersih. Sehingga dalam penerapannya setelah menjadi pilot project atau proyek percontohan. Masyarakat akan lebih leluasa mengakses informasi-informasi melalui dunia digital jaringa wifi internet tersebut dan hal-hal yang negatif akan dikunci atau terblokir sehingga tidak akan bisa diakses.

“Untuk suksesnya program pemasangan hotspot wifi gratis di nagari-nagari se-Kabupaten Pesisir Selatan, sekaligus mewujudkan nagari digital ini. Dedet menyadari bahwa tanpa dukungan masyarakat, program ini tak akan berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, untuk pemasangan di nagari-nagari tersebut, saya berkonsultasi dengan wali nagari, niniak mamak, alim ulama nagari terlebih dahulu. Apakah dipasang di sekitar kantor wali nagari atau di sekitar masjid nagari. Nagari yang sudsh bersedia maka akan dimasuk dalam rencana agenda di Tahun 2021 mendatang.

Penulis : Meky Alka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!