KPPN Mukomuko Beri Pendampingan Aplikasi SAS 2020 Pada BPP dan Operator Lingkup Kamenag Mukomuko

SINARMUKOMUKO.COM – Dalam rangka meningkatkan kualitas laporan pertanggungjawaban bendahara, KPPN Mukomuko memberikan pendampingan Aplikasi SAS 2020 Modul Silabi kepada seluruh Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) dan operator Lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko di Aula Kantor Kementerian Agama Mukomuko, Rabu (05/02/2020) Kegiatan ini dihadiri oleh bendahara/operator keuangan Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Mukomuko.

Darmanto, Kasi Pendidikan Madrasah menuturkan bahwa untuk meningkatkan kualitas laporan pertanggungjawaban bendahara, maka harus didukung oleh laporan dari BPP. Selain itu, ketepatan waktu penyampaian LPJ Bendahara juga harus ditingkatkan. Untuk itu, Sudah dilakukan komitmen bahwa BPP wajib melaporkan LPJ kepada Bendahara Pengeluaran paling lambat tanggal 4 bulan berikutnya, sehingga Bendahara Pengeluaran akan memiliki waktu yang cukup untuk menyusun LPJ-nya untuk disampaikan ke KPPN.

Selaku Treasury Management Representative (TMR) KPPN Mukomuko, Tommy Rizki menjelaskan bahwa BPP memang harus segera mempertanggungjawabkan dana yang dikelolanya secara tepat waktu.

“Untuk itu cut off periode pelaporan juga harus jelas dan pungut-setor pajak harus diinput dan dilaporkan. Selain itu, untuk perencanaan kegiatan, yang berhubungan dengan realisasi anggaran, harus tepat waktu, sesuai jadwal”, ungkapnya.

Tambahnya, BPP juga dapat memberikan usulan rencana realisasi anggaran setiap triwulannya kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dan kemudian PPK akan menyusun rencana kerja dan realisasi dan itu wajib dipatuhi oleh BPP agar tidak terjadi deviasi pada halaman III DIPA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!