Konferensi Pers Polres Mukomuko, Ini 3 Pelaku Tindak Pidana Narkotika

SINARMUKOMUKO.COM – Kepolisian Resor (Polres) Mukomuko, Selasa 1 Maret 2022, sekitar pukul 08.30 WIB menggelar konferensi pers terkait penangkapan ketiga pelaku tindak pidana narkotika yang terjadi diwilayah hukum Polres Kabupaten Mukomuko. Dalam konferensi pers yang digelar di Mapolres Mukomuko dipimpin langsung oleh Kapolres Mukomuko AKBP Witriadi S.Ik, MH yang turut didampingi Kasat Narkoba IPTU Teguh Budiyanto, SE.

Adapun identitas pelaku tindak narkotika yang pertama berdasarkan Dasar : LP/A/36/I/2022/SPKT/SAT NARKOBA/POLRES MUKOMUKO/POLDA BKL/TGL 18-01-2022, yakni, Suleman als Sul bin Rahman (31) yang berprofesi sebagai nelayan dan beralamatkan di Jl. Ir Rustandi Sugianto GG Al barokah 7, RT 1, RW 2 kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

Suleman ditangkap pada hari Selasa 18 Januari 2022 pukul 20.00 WIB di jalan lintas Bengkulu-Padang. Persisnya di Desa Batu Ejung, Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko. Adapun krologisnya, pelaku ditangkap pada saat mengambil satu paket sedang yang diduga narkotika jenis sabu-sabu yang dibungkus plastik klip bening dan dibungkus kembali dengan kertas tisu dan dimasukkan ke dalam botol warna hijau merk Adem Sari chingku serta barang-barang lainnya yang ada kaitan dengan narkotika kemudian pelaku diamankan ke Polres Mukomuko untuk dimintai keterangan terkait tindak pidana yang dilakukan. Sedangkan modusnya pelaku menyimpan barang narkoba tersebut untuk dikonsumsi.

Selanjutnya barang bukti yang berhasil diamankan, diantaranya, satu paket sedang diduga narkotika jenis sabu-sabu yang dibungkus plastik klip bening dan dibungkus kembali dengan kertas tisu warna putih yang dimasukkan kembali ke dalam botol warna hijau merk Adem Sari chingku. Kemudian, 1 buah korek api gas warna biru, dan satu unit sepeda motor Honda merek Revo warna hitam Lis merah, serta satu unit HP merk Samsung galaxy J1 Ace.

Suleman yang merupakan pelaku tindak pidana kejahatan narkotika golongan 1, jenis sabu-sabu. Dijerat pasal 112 ayat 1 undang-undang republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman pidana paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun.

Pelaku kedua berdasarkan LP/A/101/II/2022/SPKT/SAT NARKOBA/POLRES MUKOMUKO/POLDA BKL/TGL 17- 02- 2022, yakni Irwan alias Iwan Bin Johansyah (Alm) berusia 37 Tahun, yang berprofesi sebagai nelayan, dan belamatkan di Dusun Air Dikit, Kecamatan Air Dikit, Kabupaten Mukomuko.

Irwan alias Iwan ditangkap pada hari Kamis, 17 Februari 2022 pukul 20.15 WIB di Jalan KMD Pondok baru Desa Berangan Mulya, Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko. Adapun kronologinya, pelaku ditangkap pada saat dilakukan penggeledahan oleh anggota kepolisian satnarkoba Polres Mukomuko dan benar ditemukan satu paket sedang narkotika yang diduga jenis sabu-sabu yang dibungkus plastik klip bening dan dibungkus kembali dengan lakban plastik warna coklat dimasukkan ke dalam kotak rokok merk Sampoerna warna putih serta barang-barang lainnya yang ada kaitanya dengan narkotika kemudian pelaku diamankan ke Polres Mukomuko untuk dimintai keterangan terkait tindak pidana yang dilakukan. Selanjutnya modusnya pelaku menyimpan barang narkoba tersebut untuk dikonsumsi dan hendak dijual.

Kemudian barang bukti yang berhasil diamankan, diantaranya, satu paket sedang barang yang diduga sabu-sabu, 1 lembar lakban warna coklat, 1 kotak rokok merk Sampoerna, 1 unit HP merk Oppo tipe A5 warna merah, dan 1 unit sepeda motor Yamaha merek Jupiter warna hitam. Irwan pelaku tindak pidana kejahatan narkotika golongan 1 jenis sabu-sabu, dijerat dengan pasal 114 ayat 1 sub pasal 112 ayat 1 undang-undang republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman pidana paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun.

Pelaku ketiga berdasarkan LP/A/122/ II/2022/SPKT/SAT NARKOBA/POLRES MUKOMUKO/POLDA BKL/TGL26-02-2022, yakni Jeri Anto pianus alias Jeri bin Rial Gunawan (29), profesi nelayan dan beralamatkan di Desa Tirta Mulya, Kecamatan Mukomuko Selatan, Kabupaten Mukomuko.

Jeri yang merupakan pelaku tindak pidana kejahatan narkotika golongan 1 jenis sabu-sabu, ditangkap pada hari Sabtu, 26 Februari 2022, pukul 23.45 WIB dirumahnya di Desa Tirta Mulya, Kecamatan Mukomuko Selatan, Kabupaten Mukomuko. Adapun kronologis penangkapan yakni, pelaku ditangkap pada saat anggota kepolisian sektor Mukomuko Selatan mendapat informasi terkait pelaku dan kemudian anggota Polsek Mukomuko Selatan bersama anggota sat narkoba Polres Mukomuko melakukan penggerebekan terhadap rumah milik pelaku di desa Tirta Mulya Kecamatan Mukomuko Selatan Kabupaten Mukomuko dan benar saja ditemukan barang yang diduga sabu-sabu sebanyak 2 paket sedang senilai Rp1.000.000 dan 4 paket kecil barang yang diduga narkotika jenis sabu-sabu senilai Rp500.000 serta dua paket kecil barang yang diduga narkotika jenis sabu-sabu senilai Rp200.000 dan barang lainnya yang ada kaitannya dengan narkotika kemudian pelaku diamankan ke Polres Mukomuko untuk dimintai keterangan terkait tindak pidana yang dilakukan. Sedangkan modusnya, pelaku menyimpan barang narkoba tersebut untuk dikonsumsi dan diedarkan.

Selanjutnya barang bukti yang berhasil diamankan yakni, Dua Paket Sedang Senilai Rp1.000.000, 4 Paket Kecil Barang Yang Diduga Narkotika Jenis Sabu-sabu Senilai Rp500.000, Dua Paket Kecil Barang Yang Diduga Narkotika Jenis Sabu-sabu Senilai Rp200.000, Satu Sabu-sabu Sisa Pakai Paket Kecil, Satu Alat Isap Sabu-sabu, Satu Korek Api, 1 Jarum, 1 Sendok Berbentuk Skop, Satu Botol Minyak Rambut Merk Gatsby warna biru tempat menyimpan sabu sabu, Uang Tunai Rp100.000, dan 1 Unit Hp Merk Vivo Y81.

Jeri dijerat pasal 114 ayat 1 JO pasal 112 ayat 1 undang-undang republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman pidana paling singkat 4 Tahun dan paling lama 12 tahun.

Penulis : Meky Alka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!