Jumlah Peserta Terbanyak, Wali Nagari Tanjung Pondok Tapan Apresiasi Masyarakat

 

NAGARI TANJUNG PONDOK TAPAN – Kegiatan vaksin masal yang dilakukan di Kantor Camat Basa Ampek Balai Tapan pada Sabtu, 30 Oktober 2021 melibatkan 2 nagari yakni, Nagari Tanjung Pondok Tapan dan Nagari Koto Enau Tapan. Adapun yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Tapan, IPTU Gusmanto M, SH, MSi bersama Kasat Narkoba Polres Pesisir Selatan, AKP Hidup Mulya, SH, MH bersama tim, Sekretaris Camat Basa Ampek Balai Tapan, Zul Irfan Harun, S.STP, Wali Nagari Koto Enau Tapan, Sutrisno, Wali Nagari Tanjung Pondok Tapan, Indera.

Saat dikonfirmasi, Sekcam BAB Tapan, Zul Irfan Harun, S.STP menyampaikan, bahwa kegiatan pelaksanaan vaksim yang dilaksanakan di Kantor Camat Basa Ampek Balai Tapan merupakan kegiatan dalam rangka percepatan vaksinasi di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan sekaligus bertepatan dengan kegiatan Sumatera Barat Sadar Vaksin (SUMDARSIN) yang digelar jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Adapun sasaran target peserta vaksin yang diutamakan kali ini yakni masayarakat di dua nagari yakni, Nagari Tanjung Pondok Tapan dan Nagari Koto Enau Tapan. Namun demikian tetap juga melayani masyarakat dari nagari lain jika berkeinginan untuk mengikuti vaksin. Setidaknya ada juga masyarakat dari Nagari Batang Betung Tapan dan Nagari Riak Danau Tapan.

“Alhamdulillah hasil dari kegiatan vaksin hari ini tadi. Hasilnya, antusias masyarakat sangat banyak untuk mengikuti vaksin. Untuk peserta terbanyak dari Nagari Tanjung Pondok Tapan sebanyak 98 peserta. Selanjutnya 65 peserta dari Nagati Koto Enau Tapan, 28 peserta dari Nagato Batang Betung Tapan, dan 18 peserta dari Nagari Batang Arah Tapan, dan 2 dari tenaga kesehatan. Sehingga total peserta hari ini mencapai 211 peserta ya g sudah mengikuti vaksin yang dilaksanakan di Kantor Camat Basa Ampek Balai Tapan,” kata sekcam.

Lanjutnya ia juga menyampaikan, harapan dari pemerintah kecamatan agar kedepan target pencapaian masyarakat yang sudah tervaksin yakni minimal 80 persen dari target sasaran hingga Desember 2021 mendatang benar-benar bisa tercapai. Tentunya dengan tetap melibatkan seluruh pihak terkait dengan secara bersama-sama mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksin.

“Alhamdulillah pelaksanaan vaksin berjalan aman dan lancar. Kami dari pihak kecamatan menyampaikan ucapan tarimakasih pada pihak kepolisian yakni Kapolsek dan Danramil beserta jajarannya, dan wali nagari yang telah ikut mensosialisasikan kepada masyarakat. Termasuk untuk tenaga kesehatan ataupum tim vaksinator yang selalu bersemangat dalam menjalankan tugasnya,” tambahnya.

Disisi lain, Wali Nagari Tanjung Pondok Tapan, Indera saat dikonfirmasi menngungkapkan, dirinya merasa bersyukur bahwa pada pelaksanaan vaksin kali ini, jumlah peserta dari nagarinya mencapai angka yang terbanyak yakni sebanyak 98 peserta. Tentunya capaiam tersebut merupakan keberhasilan bersama dalam rangka mensosialisasikan, menghimbau dan memberi pemahaman pada masyarakat untuk mengikuti vaksin.

“Kami menyampaikan ucapan rada terimaksih pada seluruh perangkat nagari, tokoh masyarakat, alim ulama, cerdik pandai, bundo kanduang, ninik mamak dan bamu, beserta tokoh pemuda, khususnya pemuda halilintar. Ini merupakan hasil kerjasama kita bersama. Tentunya saya sangat berharap kedepan agar kiranya penacapaian untuk hard immunity di Nagari Tanjung Pondok Tapan, benar-benar bisa mencapai pemenuhan target. Tadi kita memang sangat memberi suport masyarakat yang ingin divaksin. Contohnya untuk tokoh masyarakat yang mengikuti vaksin, selain mendapatkan nasi kotak juga diberikan uang transport, dan masyarakat yang divaksin juga diberikan nasi kotak atau makan siang. Ini kita berikan karena sudah hak mereka untuk mendapatkannya,” ungkap Indera.

Terpisah, Kapolsek Tapan, IPTU Gusmanto M, SH, M.Si menyampaikan, pelaksanaan vaksin diwilayah hukumnya di 2 kecamatan, Basa Ampek Balai Tapan dan Ranah Ampek Hulu Tapan dalam rangka kegiatan Sumatera Barat Sadar Vaksin (SUMDARSIN) yang digelar jajaran Kepolisian Republik Indonesia, sudah berjalan dengan baik dan lancar, aman terkendali. Antusias masyarakat cukup tinggi untuk mengikuti vaksin.

“Dari kegiatan yang berjalan diseluruh titik lokasi yang telah ditentukan. Semunya berjalan aman dan lancar. Bahkan meski diguyur hujan, dengan kondisi demikian ternyata masyarakat tetap semangat mengikuti vaksin. Ini artinya, selain tingkat kesadaran masyarakat sudah tinggi. Disamping itu pula, kekhawatiran dan ketakutan masyarakat untuk divaksin sudah sangat berkurang. Masyarakat sudah banyak yang ingin divaksin. Ini terbukti dengan banyaknya masyarakat yang datang ke tempat pelaksanaan vaksin di beberapa titik-titik lokasi yang sudah ditentukan. Namun demikian kita ttap berharap secara bersama-sama agar kedepan semakin banyak lagi masyarakat yang ingin di vaksin. Sehingga target kita di akhir Desember 2021 mendatang benar-benar bisa tercapai,” tutupnya.

Penulis : Meky Alka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!