Ini Rasa Patriot Nasionalis Dandim 0428/Mukomuko Dalam Persiapan HUT RI Ke-76

 

SINARMUKOMUKO.COM – Menjelang memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Ke-76 Tahun 2021, termasuk beberapa rangkaian kegiatan mulai dari rapat persiapan yang melibatkan seluruh elemen terkait (SKPD dan FKPD), hingga kesiapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Ternyata hal ini membuat Komandan Kodim (Dandim) 0428/Mukomuko, Letkol. Inf. Rinaldo Rusdy menjadi terpanggil rasa patriot nasionalisme untuk seluruh kegiatan pelaksanaan HUT RI Ke-76 yang akan dilaksanakan 17 Agustus 2021 mendatang dapat berjalan dengan khidmat.

Pantauan sinarmukomuko.com ketika rapat, Dandim menyampaikan agar semua yang dipersiapakan harus benar-benar matang, seperti bagaimana rapat dan persiapan sudah termasuk salah satu bagian dari sistem perencanaan, ada planning, organizing, actuating, dan controlling. Sehingga contoh planning artinya apa yang sudah direncanakan dapat diterapkan dengan baik dan lancar, dan seperti organizing artinya benar-benar terorganisasi dan sudah pasti untuk kesiapan.

“Karena nantinya juga akan melibatkan anak-anak Paskibraka, oleh sebab itu kami berharap agar Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Kadispora) untuk terus memantau kondisi kesehatan fisik anak-anak tersebut, karena mereka selama tiga hari mulai dari gladi resik, renungan suci dan pengibaran bendera, pasti sangat penting untuk kesehatan tersebut,” kata Dandim.

Lanjutnya ia juga menegaskan, bahwa selain beberapa kesiapan didalam rapat dan perencanaan yang sudah disiapkan. Kebersihan pangkalan tempat lokasi pelaksanaan upacara juga patut untuk diperhatikan, jangan sampai masih ada ilalang atau bentuk sampah lainnya. Hal ini perlu dipertegas karena kondisi tempat upacara termasuk lingkungan memang dapat memberikan penilaian penting pada pelaksanaan kegiatan kegiatan tersebut.

Tidak hanya itu, ia juga menegaskan agar upacara benar-benar khidmat dalam pelaksanaan. Dandim menghimbau seluruh masyarakat termasuk perusahaan dan pemilik usaha atau toko untuk bisa menghentikan aktifitas kegiatan selama 30 detik pada saat detik-detik proklamasi yakni pada pukul 10.00 WIB.

“Saya berharap seluruh perusahaan, pemilik usaha, toko, dan restaurant (rumah makan) serta seluruh masyarakat untuk bisa memberi waktu selama 30 detik sebelum pembacaan teks proklamasi agar bisa merasakan khidmatnya sekaligus dalam rangka menghargai jasa para pahlawan,” tegasnya.

Lanjutnya ia juga menyebutkan, bahwa dirinya sengaja melihat langsung proses latihan pasukan pengibar bendera, sekaligus memberikan arahan pada peserta Paskibraka untuk memberi semangat dan menyakinkan bahwa mereka sampai diposisi sebagai pengibar bendera adalah sebuah apresiasi yang luar biasa. Mereka bisa terpilih, dan tentunya ini bisa memotivasi mereka untuk ke jenjang berikutnya, seperti bisa masuk di STPDN ataupun TNI/Polri.

“Kemudian saya memberi semangat pada mereka karena khidmatnya upacara juga terletak pada pasukan pengibar bendera. Seya berharap pelaksanaan upacara nantinya dapat berjalan dengan khidmat dan lancar,” tutupnya.

Penulis : Meky Alka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!