Diguyur Hujan, Masyarakat Tetap Semangat Ikuti Vaksin Di Kantor Nagari Simpang Gunung Tapan

Kapolsek Tapan, IPTU. Gusmanto M, SH, M.Si, Wali Nagari Simpang Gunung Tapan, Andriadi, M.Pd beserta perangkat nagari dan tim vaksinator Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan mengabadikan momen foto bersama usai pelaksanaan vaksin di Kantor Nagari Simpang Gunung Tapan.

NAGARI SIMPANG GUNUNG TAPAN – Pelaksanaan vaksin di Kantor Nagari Simpang Gunung Tapan, Sabtu 30 Oktober 2021 yang dimulai sejak pukul 13.15 WIB diguyur hujan. Namun demikian masyarakat tetap semangat mengikuti vaksin ke Kantor Nagari Simpang Gunung Tapan.

Saat dikonfirmasi wartawan, Wali Nagari Simpang Gunung Tapan, Andriadi, M.Pd mengatakan, dirinya menyampaikan apresiasi untuk seluruh masyarakat yang telah hadir di kantor nagari untuk mengikuti vaksin yang sudah terjadwal. Ucapan terimakasih juga disampaikan untuk seluruh tokoh masyarakat, seluruh perangkat nagari beserta pihak kecamatan dan TNI/Polri, babinsa, bhabinkamtibnas yang sudah ikut mendukung melalui sosialisasi dan himbauan untuk masyarakat agar semakin termotivasi mengikuti kegiatan vaksin. Agar terpenuhi target vaksin lebih dari 85 persen terealisasi, khususnya dalam capaian targer hingga Desember 2021 mendatang.

“Alhamdulillah semangat masyarakat meski hujan tetap antusias mengikuti vaksin. Ini berkat kerjasama kita semua. Artinya apa yang sudah dilakukan seluruh perangkat nagari dalam memberikan himbauan dan sosialiassi seperti contoh membuat template (stiker brosur,red) dan door to door (dari rumah ke rumah,red) bersama peran babinsa dan bhabimkamtibnas, tokoh masyarakat, alim ulama, tokoh pemuda, serta seluruh unsur lainnya tanpa terkecuali. Benar-benar terealisaasi dan tercapai keinginan kita bersama dalam rangka mendukung program pemerintah terhadap pelaksanaan vaksin. Kedepan tentunya kita berharap agar semakin banyak masyarakat yang ikut vaksin dan terget hingga Desember 2021 benar-benar tercapai,” kata Andriadi.

Sementara itu, Camat Ranah Ampek Hulu Tapan, Mar Alamsyah, SSTP juga mengungkapkan, bahwa dirinya telah memantau kegiatan vaksin masal di tiga titik, yakni, di Nagari Kubu Tapan, Pabrik Kemilau Permata Sawit, dan Nagari Simpang Gunung Tapan. Dari ketiga titik tersebut, setidaknya mampu menggenjot sebanyak 150 peserta vaksin untuk target setiap minggu. Apalagi dengan jadwal rutin yanh dilakukan hingga akhir Desember mendatang.

“Oleh sebab itu, kita berharap selain dari pemerintah. Tentunya kita juga berharap pada seluruh tokoh masyarakat untuk bersama ikut mewujudkan Hard Immunity yakni kekebalan kelompok minimal delapan persen dari jumlah yang ada. Seperti contoh kita tetap berharap agar himbauan termasuk didalam masjid saat khutbah jum’at bisa disampaikan dalam ceramah bahwa pelaksanaan vaksin memang harus diikuti masyarakat. Kami pun menghimbau pada masyarakat agar tidak termakan dengan isu hoaxs. Kalau memang ada yang ingin dipertanyakan masyarakat terkait tentang vaksin, silahkan dipertanyakan langsung ke satgas covid dan pihak kecamatan agar pemahaman dari masyarakat benar-benar tersampaikan dengan baik,” ungkapnya.

Disisi lain, dr. Yessy Rivai perwakilan dari Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi masyarakat yang tetap semangat mengikuti vaksin meski dalam kondisi hujan. Artinya pemahaman masyarakat tentang pentingnya vaksin sudah sangat dipahami oleh masing-masing individu masyarakat. Dengan demikian tentu pencapaian Hard Immunity hingga 31 Desember 2021 mendatang yang ditargetkan oleh gugus kabupaten bisa tercapai.

“Kami berharap dengan antusias semangat masyarakat yang seperti ini, kedepan target kita dalam pelaksanaan vaksin bisa semakin cepat tercapai. Sekarang mari kita secara bersama-sama ikut berperan mewujudkan program pemerintah dalam pencapaian pelaksanaan vaksin. Tentunya dengan tetap melibatkan seluruh pihak terkait, tidak hanya dari pemerintah, tetapi juga melalui tokoh masyarakat dan tokoh pemuda untuk bersama-sama memberi pemahaman pada masyarakat untuk mengikuti vaksin. Karena vaksin pada dasaranya memang sangat bagus untuk masyarakat,” tutupnya.

Untuk diketahui, turut hadir dalam pelaksanaan vaksin. Diantaranya perangkat wali nagari, yakni: Kepala Urusan Perencanaan, Rati Dwita, S.Si, Kepala Urusan Keuangan, Sepni, Kepala Urusan TU dan Umum, Marliana, staf nagari Pini Refnika, Ketua Bamus Busman S.Pd, staf bamus Anisa Theresia, anggota bamus jusli, Kepala Kampung Simpang Gunung Iswandi, Ketua Pemuda Nagari Simpang Gunung Tapan, Burdal, Bundo Kanduang Igus Mayeni.

Adapun petugas tenaga kesehatan tim vaksinator dari Puskesmas Ranah Ampek BulubTapan yang bertugas diantaranya, dr. Yessy Rivai, Tarlen Nurleksmi, Amd.Keb, Nia Rossiani Muslim, Amd.Keb, Afnola Fenita, Amd.Keb, Dela Septianingsih, SKM, Dewi Anggraini, Amd.Gz, Yomi Hildayanti, SKM, Eko Putra Manata.

Penulis : Meky Alka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!