Dari Target 85 Persen, Wali Nagari Pondok Parian Lunang Sebut Sudah Capai 50 Persen

Wali Nagari Pondok Parian Lunang mengabadikan momen foto bersama usai pelaksanaan vaksin. (Foto:meky/sinarmukomuki.com)

NAGARI PONDOK PARIAN LUNANG – Dalam pelaksanaan vaksin di Nagari Simpang Parian Lunang yang dilaksanakan di kediaman Wali Nagari, Mulyadi pada Kamis 4 November 2021 sekitar pukul 09.15 WIB. Diketahui jumlah masyarakat yang sudah mendaftar dan divaksin sebanyak 140 orang.

“Tadi jumlah masyarakat yang sudah tervaksin mencapai 140 orang. Dari jumlah itu merupakan total dari yang divaksin pertama dan kedua. Adapun vaksinnya yakni sinovac. Kami berharap agar masyarakat terus giat untuk mengikuti vaksin. Jangan takut, apalagi ini sifatnya merupakan kebutuhan individu, bukan untuk orang lain. Jika masyarakat giat divaksin dengan target 180 orang setiap jharinya. Maka capaian target 85 persen di akhir Desember pasti tercapai,” kata Etri Candra sambil menambahkan bahwa selama pelaksanaan vaksin, setiap hariny mereka membentuk dua tim.

Sementara itu, Kapolsek Lunang Silaut, IPTU Impriadi, SH melalui Kanit Binmas, AIPTU Jufriadi Syam, S.Sos dan Bhabinkamtibmas, Bripka Muhardison mengungkapkan, bahwa pihaknya secara bersama TNI/Polri serta perangkat nagari sejak jauh-jauh hari sudah menghimbau dan sosialisasi pada masyarakat agarbmengikuti program pemerintah dalam rangka percepatan vaksinasi.

“Alhamdulillah hasilnya maksimal. Antusias masyarakat untul ikut vaksin cukup tinggi. Ini bisa dilihat dari situasi dan kondisi pelaksanaan vaksin disini. Alhamdulillah juga kegiatan berjalan aman dan lancar. Namun kami tetap menghimbau pada masyarakat agar dalam pelaksanaan vaksin tetap matuhi protokol kesehatan (prokes). Masyarakat yang belum vaksin, kami berharap untuk segera divaksin,” ungkapnya.

Ketua Bamus, Bukhari dt Rajo Setio yang juga hadir ikut menyampaikan harapan agar kedepan seluruh masyarakat khusunya di Nagari Pondok Parian Lunang, tingkat partisipasi untuk divaksin semakin tinggi. Oleh sebab itu pihaknya terus menghimbau dan sosialisasi ke masyarakat agar semakin paham betapa pentingnya divaksin.

“Kita akan secara bersama-sama mewujudkan program pemerintah untuk capaian target hingga akhir Desember 2021 mendatang. Oleh sebab itu, kami terus menghimbau dan sosialisasi ke masyarakat,” kata Bukhari.

Terakhir, Wali Nagari Pondok Parian, Mulyadi juga megungkapkan bahwa pihaknya dari pemerintah nagari melaksanakan kegiatan vaksin dengan slogan Kami Masyarakat Nagari Pondok Parian Luang Siap Di Vaksin. Kemudian mengusung tema “Wujudkan Masyarakat Nagari Pondok Parian Lunang Yang Sehat Dan Produktif Dengan Vaksinasi Covid-19”.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan masyarakat sangat antusias untuk divaksin. Tadi saya juga sudah menyampaikan pada masyarakat. Bagi siapa yang sudah divaksin, dipersilahkan istirahat 15 menit terlebih dahulu di posko. Tidak hanya itu, kami juga menyediakan vitamin, madu, dan jeruk bagi masyarakat yang dinyatakan sudah vaksin,” ungkap Mulyadi.

 

Lanjutnya ia menambahkan, dengan jumlah peserta yang mencapai 140 orang. Itu artinya jika ditambahkan dengan jumlah masyarakat yang ada di Nagari Pondol Parian Lunang yang sudah mengikuti vaksin, seperti contoh dalam kegiatan Gebyar Vaksin yang dilakukan di sekolah beberapa waktu lalu. Belum lagi ada masyarakat juga yang sudah vaksin dalam kegiatan lain. Kami estimasikan ditambah dengan jumlah peserta kegiatan dihari ini. Artinya total keseluruhan untuk dipersentasikan sudah mencapai 50 persen dari target 85 persen akhir Desember 2020 mendatang.

“Kami sangat berterimakasih pada seluruh pihak yang ikut mensukseskan kegiatan ini. Khususnya dalam hal ikut menghimbau dan mengajak masyarakat agar ikut vaksin. Baik itu ucapan kepada seluruh perangkat nagari, pihak kecamatan dan kepolisian, Bhabinkamtibnas, serta Babinsa. Termasuk untuk seluruh tokoh masyarakat dan Ketua Bamus serta Ketua Pemuda. Artinya semua capaian adalah capaian kita bersama. Mari secara bersama-sama untuk nagari kita. Kita wujudkan program pemerintah dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19. Jangan takut dan ragu, vaksin memang bagus untuk imunitas atau kekebalan tubuh kita,” tutupnya.

Untuk diketahui adapun perangkat nagari yang hadir yakni, Sekretaris Nagari Benny Rizal, Kaur Keuangan Nagari Pondok Barian Rafi Afrisma, Kasi Pemerintahan Amri, Kaur Perencanaan Nova Ernita Putri, Kasi Pelayanan Resti Maflena, Kepala Tata Usaha Yenti Eka Fitri, dan Staf Mardani. Selain itu turut dihadiri pula oleh Ketua Bamus, Bukhari dt Rajo Setio, Kepala Kampung Bukit Tapus Jentra Volta, Kepala Kampung Kumbung Gedang, Aditya Warman, dan Ketua Pemuda Nagari, Marjupal.

Selanjutnya, tenaga kesehatan tim vaksinator dari Puskesmas Tanjung Beringin yang bertugas yakni, Kapus Tanjung Beringin, Etri Candra, SKM, M.Kes, dr. Desi Lestari Ningsih, Nofrida Yenti, STR.Keb, Nurhayati, Amd.Keb, Satria Normala Sari Dewi, Yuniati, Amd.PK, Fatmawati, Amd.Keb, Putri Mardiastuti Amd.Keb, dan Rina Yulia Ningsih, Amd.Keb.

Penulis : Meky Alka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!