ARGA Mukomuko Siapkan Generasi Muda Berkarakter dan Visioner

SINARMUKOMUKO.COM – Tidak dipungkiri lagi, gaung nama organisasi Aliansi Remaja Gemar Aktivitas (ARGA) Kabupaten Mukomuko sudah sangat melekat dihati seluruh masyarakat. Baik dari kalangan remaja, dewasa, orangtua, bahkan kaum adam dan hawadari berbagai kalangan dan profesi. Hal ini terbukti dengan tumpah ruahnya masyarakat yang hadir dalam kegiatan yang diprakarsai oleh inisiator atau pendiri ARGA Kabupaten Mukomuko, Suryadi Arga di kawasan objek wisata Pantai Pandan Wangi, Minggu, 28 Maret 2021.

Berbekal dari semangat juang untuk ikut memajukan daerah melalui kalangan muda melalui gebrakan ARGA Kabupaten Mukomuko. Suryadi Arga optimis kedepan didalam komunitas ARGA bisa melahirkan generasi muda yang berkarakter dan visioner. Pasalnya, organisasi atau komunitas yang diprakarsainya memiliki beberapa potensi anak-anak muda yang mampu membuat inovasi perubahan dan menyatukan idekreativitas dengan semangat juang yang tinggi, termasuk bagi kaum hawa baik pemudi dan orangtua atau kaum ibu-ibu di seluruh wilayah Kabupaten Mukomuko. Hal ini terbukti dengan semangat kaum hawa dalam pembukaan acara yang menyuguhkan penampilan Tari Gandai dan Tari Gamad, sebagai salah satu penampilan seni budaya yang ada di Kabupaten Mukomuko.

“Saya berharapa pembinaan yang tercepat adalah pembinaan dari perempuan. Khususya ibu-ibu, karena seperti kita ketahui bahwa pembentukan karakter justru dimulai dari rumah. Oleh sebab itu, faktor keterlibatan perempuan dalam pengawasan adek-adek milenial kita sangat berpengaruh pada kaum ibu-ibu. Apalagi kita lihat ibu-ibu sangat mendominasi bersemangat dalam kegiatan pertemuan silahturahmi ARGA yang mengusung tema “Menyatukan Ide, Kreatifitas dan Semangat Juang” di Pantai Pandan Wangi,” kata Suryadi Arga.

Lebih jauh ia juga menjelaskan, keterlibatan para pemuda khususnya yang tergabung dalam ARGA Kabuapten Mukomuko untuk ikut memajukan daerah, terbukti dengan sudah banyaknya anak-anak muda yang tergabung dalam organisasi komunitas tersebut, hal ini dibuktikan dengan telah berdirinya 151 Pimpinan Anak Cabang (PAC), 15 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan 1 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ARGA di Kabupaten Mukomuko.

“Sebentar lagi kita akan melakukan deklarasi. Semoga organisasi ini bisa sekaligus menjadi wadah untuk menyatukan seluruh masukan, ide, dan inovasi untuk kalangan muda bisa ikut berpartisipasi dengan konsep-konsep kemajuan yang dimiliki. Seperti itu juga dalam hal orientasi di bidang politik, saya ingin kedepannya dari ARGA, akan lahir pemimpin negeri ini baik mulai dari tingkat kepala desa, legilatif dan eksekutif. Apalagi dengan kekuatan 5000 orang pengurus diluar simpatisan yang bisa melakukan apapun dalam kegiatan untuk kemajuan,” jelasnya.

Suryadi Arga juga menegaskan, melalui organisasi komunitas ARGA Kabupaten Mukomuko, diharapkan kedepan pemuda-pemudinya bisa memunculkan ide-ide baru sehingga bisa mencipatkan kondidi baru dan lapangan kerja baru. Sehingga kedepannya ARGA Kabupaten Mukomuko yang diisi oleh anak muda kratif, kreator dari berbagai profesi, mulai dari petani, seni, olehraga, bina usaha, UMKM dan lain sebagainya bisa ikut memberikan sumbangsih baru yang sangat bagus untuk menekankan angka pengangguran dan bisa ikut menaikkan pendapatan asli daerah di wilayah Kabupaten Mukomuko.

“Peran serta dari anak-anak muda untuk kemajuan dan perubahan daerah sangat penting. Sehingga kedepan tonggak pemerintahan tidak bisa putus dan bisa semakin bagus serta menjadi contoh bagi kabupaten lainnya. Yang terpenting, kami dari ARGA Mukomuko memiliki mainset atau pemikiran, hilangkanlah perbedaan ras dan suku, sebab kita semua sama yakni kita semua ini di Kabupaten Mukomuko. Jika kita memiliki visi yang sama untuk perubahan dan kemajuan daerah, kita pasti sama-sama akan optimis bahwa kita akan bisa melahirkan generasi yang visioner, sehingga tidak terbelenggu dengan pergaulan bebas, narkoba dan seks bebas selagi kita terus mengisinya dengan kegiatan-kegiatan yang positif,” tegasnya.

Disisi lain, Murnayenti Mooms dari Panser Udara juga ikut menyampaikan bahwa dengan kehadiran ARGA Kabuapten Mukomuko, kedepan bisa semakin membuat Kabupaten Mukomuko lebih maju, mengejar ketertinggalan dan menyusul kemajuan daerah lain dengan tetap saling bergandeng tangan tanpa membedakan suku,ras dan agama. Kemudia dengan adanya penyampaiakn Ketua Umum ARGA Kabupaten Mukomuko, Suryadi Arga yang menyebutkan bahwa kaum perempuan, termasuk peran ibu-ibu dalam hal pembentukan karakter dimulai dari rumah, tentu kami sangat mendukung dan mengapresiasi penyampaian beliau. Sebab saat ini, kalangan ibu-ibu atau perempuan juga memiliki peran penting didalam kemajuan daerah, rumah tangga maupun pembentukan karakter anak bangsa.

“Kita semua sama adalah satu, satu tujuan, satu rasa, satu jiwa, dan satu hati. Niat kita adalah membangun Mukomuko agar menjadi yang terbaik dari kabupaten-kabupaten lainnya, dan berharap kita semua bisa kompak agar bisa mencapai poin tertinggi kabupaten di sumatera ini, bahkan di Indonesia. Bersatu, Bersama, Kita Pasti Bisa,” ungkap Murnayenti dengan nada semangatnya.

Kemudian, Dewan Penasehat ARGA Kabupaten Mukomuko, B.M Hafrizal yang akrab disapa Cik Oyon BM juga menyampaikan bahwa keberadaan dan kehadiran ARGA Kabupaten Mukomuko dinilai sangat tepat dan penting, apalagi melalui organisasi komunitas ini bisa menjadi wadah pemersatu para remaja milenial untuk berdiskusi dan berkreasi serta berinovasi dalam kemajuan daerah. Hal ini terbukti dengan keberadaan remaja pemuda-pemudi diseluruh wilayah dalam Kabupaten Mukomuko, mulai dari desa hingga tingkat kecamatan dan kabupaten. Setidaknya anak-anak muda yang di desa bisa ikut berperan aktif mengembangkan potensi-potensi yang ada didaerah kawasan tempat tinggal mereka.

“Sekarang melalui wadah ini (ARGA,red), mari bersama-sama kita kembangkan dan majukan daerah ini. Semoga melaui peran anak-anak remaja muda di ARGA yang ditorehkan melalui ide, kreatif dan inovasinya bisa sejalan dengan program pemerintah kita untuk saling bersinergi,” tutupnya.

Penulis : Meky Alka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!